Analisis pertama terhadap barang mewah Jaguar F-type Roadster, disini penulis akan menganalisis keberadaan barang ini di piramid Moslow.
Sedangkan, analisis kedua yaitu BBZ10 penulis menganalisis proses keputusan pembelian yang dilakukan konsumen.
Jaguar F-type roadster
Self-actualization
Jaguar
f-type Roadster termasuk dalam hirarki self-actualization karena dengan harga
yang terbilang mahal dan kesan ekslusif yang ditawarkan mobil ini akan membuat
sipemakai merasa lebih percaya diri dan merasa bangga. Selain itu alasannya
adalah dengan harga yang tinggi tentunya pembeli dari ini mobil mempunyai
penghasilan yang terbilang dari cukup (pebisnis, direktur) yang merasa
memerlukan mobil ini bukan sekedar transportasi tapi untuk memeprlihat gaya
hidup mereka yang memiliki mobil ini.
·
Variabel segmentasi pasar Jaguar F-type
Roadster
-
Geografis
Berdasarkan
letak geografisnya, wilayah pemasaran mobil Jaguar ini difokuskan dikota
megapolitan/metropolitan karena pemakainya yang disibukkan dengan aktivitas
yang berkelas sehingga membutuhakan dorongan rasa percaya diri dengan memakai
mobil ini.
-
Demografis Gender
Demografis
penggunaan mobil ini Pria/wanita, yang sukses dan berkarir.
-
Income
Untuk
kategori ini pembeli mobil Jaguar F-type Roadster ini memiliki pendapatan Ratusan
hingga Miliar rupiah. Karena selain pembelian yang mahal tentunya pajak dari
mobil mewah ini juga tinggi.
-
Psikografis
Mobil
ini diproyeksikan memenuhi gaya hidup pria/wanita yang sukses, trendy, smart.
Percaya diri dan sangat memperhatikan penampilan. Mempunyai selera yang cukup
tinggi akan sesuatu dan menuntut kesempurnaan dalam memilih.
BB Z10
-
Pengenalan Kebutuhan
Sebelumnya
kosumen lebih dulu mengetahui apa yang menjadi kebutuhannya. Ditahap ini
konsumen lebih memikirkan apa saja kebutuhan dapat ia penuhi melalui BB Z10
disamping sebagai alat komunikasi, dan sebagai smartphone apa manfaat bagi
konsumen.
-
Pencarian Informasi
Setelah
mengetahui kebutuhan akan gadget, kosumen akan mencari informasi sebelum
menentukan pilihan. Disini kosumen akan mencari spesikasi dari Z10, baik
spesikasi handphone, fitur, desain, dan keunggulan lain yang ditawarkan BB Z10
yang akan memperkuat kosumen untuk membeli BB Z10.
-
Evaluasi Pilihan
Pada
tahap ini kosumen cenderung membanding-bandingkan barang yang akan dibelinya.
Kosumen akan membandingan BB Z10 dengan smartphone milik Samsung. Perbedaan
akan dapat ditanggap oleh konsumen.
-
Pembelian
Jika
kosumen telah mengevaluasinya maka tahap selanjutnya kosumen membeli
barang/produk tersebut. Konsumen yang memutuskan pilihan terhadap BB Z10, telah
mempunyai keyakinan bahwa smartphone tersebut akan mampu memenuhi kebutuhannya
dalam berkomunikasi dan akan dapat memanfaatkannya baik sebagai pendukung dalam
berusaha.
-
Perilaku paska Pembelian
Konsumen
yang telah meyakini bahwa pembelian akan BB Z10 adalah suatu pilihan yang
tepat, konsumen akan lebih puas dan manfaat yang ia dapatkan dari BB Z10.
·
Variabel segmentasi pasar BB Z10
-
Demografi Age
Produk
BB Z10 ini ditujukan kepada seluruh kalangan masyarakat tanpa memandang umur,
ras, dan kebangsaan. Dalam pengiklanan BB Z10 juga dijelaskan bahwa pemakainya
dari berbagai kalangan tua ataupun muda.
-
Kelas social
Smartphone
BB Z10 ini ditujukan kepada kelas social menengah. Karena harga yang masih
dapat dijangkau untuk dapat memiliki smartphone ini.
-
Benefit
Selain
dapat digunakan sebagai media komunikasi fitur BBMnya dapat dimanfaatkan untuk
onlineshop yang saat ini digemari oleh para shopper.
-
Geografis
Penggunaan
BB Z10 ini ditempatkan diberbagai
daerah, kota maupun iklim. Karena tidak mempengaruhi produk itu sendiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar