Minggu, 23 November 2014

Cara-cara Menganalisis suatu Barang

Tulisan berikut ini tentang analisis, terhadap 2 jenis barang yang berbeda.
Analisis pertama terhadap barang mewah Jaguar F-type Roadster, disini penulis akan menganalisis keberadaan barang ini di piramid Moslow.
Sedangkan, analisis kedua yaitu BBZ10 penulis menganalisis proses keputusan pembelian yang dilakukan konsumen.

Jaguar F-type roadster
Self-actualization
Jaguar f-type Roadster termasuk dalam hirarki self-actualization karena dengan harga yang terbilang mahal dan kesan ekslusif yang ditawarkan mobil ini akan membuat sipemakai merasa lebih percaya diri dan merasa bangga. Selain itu alasannya adalah dengan harga yang tinggi tentunya pembeli dari ini mobil mempunyai penghasilan yang terbilang dari cukup (pebisnis, direktur) yang merasa memerlukan mobil ini bukan sekedar transportasi tapi untuk memeprlihat gaya hidup mereka yang memiliki mobil ini.

·         Variabel segmentasi pasar Jaguar F-type Roadster
-          Geografis
Berdasarkan letak geografisnya, wilayah pemasaran mobil Jaguar ini difokuskan dikota megapolitan/metropolitan karena pemakainya yang disibukkan dengan aktivitas yang berkelas sehingga membutuhakan dorongan rasa percaya diri dengan memakai mobil ini.

-          Demografis Gender
Demografis penggunaan mobil ini Pria/wanita, yang sukses dan berkarir.

-          Income
Untuk kategori ini pembeli mobil Jaguar F-type Roadster ini memiliki pendapatan Ratusan hingga Miliar rupiah. Karena selain pembelian yang mahal tentunya pajak dari mobil mewah ini juga tinggi.

-          Psikografis
Mobil ini diproyeksikan memenuhi gaya hidup pria/wanita yang sukses, trendy, smart. Percaya diri dan sangat memperhatikan penampilan. Mempunyai selera yang cukup tinggi akan sesuatu dan menuntut kesempurnaan dalam memilih.


 BB Z10
-          Pengenalan Kebutuhan
Sebelumnya kosumen lebih dulu mengetahui apa yang menjadi kebutuhannya. Ditahap ini konsumen lebih memikirkan apa saja kebutuhan dapat ia penuhi melalui BB Z10 disamping sebagai alat komunikasi, dan sebagai smartphone apa manfaat bagi konsumen.

-          Pencarian Informasi
Setelah mengetahui kebutuhan akan gadget, kosumen akan mencari informasi sebelum menentukan pilihan. Disini kosumen akan mencari spesikasi dari Z10, baik spesikasi handphone, fitur, desain, dan keunggulan lain yang ditawarkan BB Z10 yang akan memperkuat kosumen untuk membeli BB Z10.


-          Evaluasi Pilihan
Pada tahap ini kosumen cenderung membanding-bandingkan barang yang akan dibelinya. Kosumen akan membandingan BB Z10 dengan smartphone milik Samsung. Perbedaan akan dapat ditanggap oleh konsumen.

-          Pembelian
Jika kosumen telah mengevaluasinya maka tahap selanjutnya kosumen membeli barang/produk tersebut. Konsumen yang memutuskan pilihan terhadap BB Z10, telah mempunyai keyakinan bahwa smartphone tersebut akan mampu memenuhi kebutuhannya dalam berkomunikasi dan akan dapat memanfaatkannya baik sebagai pendukung dalam berusaha.

-          Perilaku paska Pembelian
Konsumen yang telah meyakini bahwa pembelian akan BB Z10 adalah suatu pilihan yang tepat, konsumen akan lebih puas dan manfaat yang ia dapatkan dari BB Z10.


·         Variabel segmentasi pasar BB Z10
-          Demografi Age
Produk BB Z10 ini ditujukan kepada seluruh kalangan masyarakat tanpa memandang umur, ras, dan kebangsaan. Dalam pengiklanan BB Z10 juga dijelaskan bahwa pemakainya dari berbagai kalangan tua ataupun muda.

-          Kelas social
Smartphone BB Z10 ini ditujukan kepada kelas social menengah. Karena harga yang masih dapat dijangkau untuk dapat memiliki smartphone ini.

-          Benefit
Selain dapat digunakan sebagai media komunikasi fitur BBMnya dapat dimanfaatkan untuk onlineshop yang saat ini digemari oleh para shopper.

-          Geografis
Penggunaan BB Z10 ini  ditempatkan diberbagai daerah, kota maupun iklim. Karena tidak mempengaruhi produk itu sendiri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar