Minggu, 23 November 2014

Nikmat dan Gurih adalah Cokelat













Siapa yang tak kenal dengan cokelat? Jenis makanan satu ini sudah sangat popular disemua kalangan dan bahkan dikonsumsi setiap harinya. Ratusan jenis cokelat telah beredar dan bervarian pula harganya, tapi apakah cokelat memiliki manfaat terhadap tubuh kita? Atau malah menjadi hama penyakit?
Masih ingatkan, sewaktu kecil para orang tua menasehati kita untuk tidak mengkonsumsi cokelat berlebih dengan asumsi nanti giginya rusak, bolong dan lain-lain. Memang tidak ada yang salah dengan nasehat itu, tapi apakah sekarang anda menggap bahwa cokelatlah penyebabnya??
Jika anda memang berpikiran seperti itu, penulis sarankan untuk meminta maaf kepada cokelat J ,karena bukan cokelat yang menyebabkan kerusakan pada gigi kita tapi kadar gula yang  tinggi yang terkandung dalam cokelatlah yang merupakan sumber dari masalahnya, periksalah kandungan gula yang terdapat dalam cokelat yang anda konsumsi. Sedangkan cokelat pahit atau murni memiliki kandungan gula yang rendah serta memikili kadar antioksidan.
Tulisan kali ini saya akan mencoba memarkan manfaat cokelat murni, semoga tulisan kali ini dapat berguna dan menambah pengetahuan kita semua.

Manfaat Cokelat
Cokelat merupakan sumber senyawa flanoid (polyphenol) yang dikenalsebagai antioksidan yang biasa terdapat pada sayuran, buah-buahan dan teh.
Kandungan antioksidan pada segelas cokelat:
·         2 x lebih besar dibandingkan dengan segelas anggur merah
·         3 x lebih besar dibandingkan dengan teh hijau
·         5 x lebih besar dibandingkan teh hitam

Fungsi Antioksidan pada kakao bubuk murni dan cokelat:
·         Mencegah penyakit jantung, kanker, hipertensi dan stroke
·         Mengurangi efek-efek penuaan (anti-aging)
·         Meningkatkan fungsi kognitif (fungsi mengingat, belajar, membuat keputusan dan menyelesaikan masalah)

Cokelat Untuk Kesehatan Psikologis
Kandungan phenilethylamine (PEA) pada cokelat bubuk dapat menstimulasi perasaan bahagia, perasaan yang positif dan dapat meningkatkan kualitas tidur. PEA juga berperan dalam meningkatkan konsentrasi dan daya tahan tubuh.
Selain itu, cokelat dan kakao bubuk murni dapat digunakan sebagai obat batuk dimana diyakini dapat menyembuhkan batuk ringan hingga batuk menahun karena adanya kandungan Thebromine didalamnya.

Cokelat Untuk Kecantikan
Selain bermanfaat untuk kesehatan, kini cokelat dimanfaatkan untuk kecantikan. Cokelat digunakan sebagai lulur yang ditambahkan yogurt / susu karena dipercaya dapat mengangkat sel kulit mati, memutihkan kulit, mencegah penuaan dini dan juga menghaluskan kulit.

Cokelat Untuk Membantu Menurunkan Berat Badan
Sebuah penelitian menemukan, rajin makan cokelat tidak akan membuat gemuk, justru bisa membuat tubuh lebih kurus. Meskipun cokelat mengandung banyak kalori, tapi menurut penelitian, mereka yang makan cokelat secara rutin setiap hari memiliki lemak tubuh lebih sedikit dibandingkan yang jarang makan cokelat. Para peneliti berasumsi kalau kalori yang terdapat dalam cokelat bukanlah kalori biasa.
Seperti, dilansir Daily Mail, bahan-bahan yang terdapat dalam cokelat membuat metabolisme tubuh bekerja lebih keras. Artinya, cokelat bisa mengimbangi lemak-lemak yang sudah lama tertumpuk dalam tubuh. Efek metabolisme yang ditimbulkan karena bahan-bahan tertentu ini menjadikan cokelat sebagai penganan yang bisa melangsingkan tubuh karena 'menetralkan' kalori.

     



Tidak ada komentar:

Posting Komentar